Kenalkan Ilmu Sains Pada Dies ke 16 FMIPA Unmul


Genap memasuki usia yang ke 16 tahun, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Mulawarman (Unmul) mengisinya dengan kegiatan – kegiatan keilmuan. Kamis, (07/09) hingga Jum’at, (08/09) kampus para saintis ini menggelar kegiatan besar bertema Open Science.

Open Science adalah acara yang berisi kegiatan seperti pameran laboratorium, atraksi sains, seminar sains, dan lomba-lomba. Tujuan dari acara open science adalah memperkenalkan sains sejak dini kepada siswa-siswa khususnya di Samarinda dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Selain itu, mengenalkan matematika dan sains dengan cara yang mudah, menarik, serta menyenangkan. Target utama dari acara Open Science ini adalah siswa/siswi jenjang TK, SD, SMP dan SMA dan guru-guru di wilayah Samarinda dan Kalimantan Timur. Hal itu diterangkan oleh Dr. Nova Hariani., M.Si sebagai Ketua Panitia Acara. Berbagai aktivitas Open Science dipaparkannya, mengundang siswa-siswi TK, SD, SMP dan SMA di Kaltim untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Acara dikemas dengan menarik oleh panitia dengan acara pameran laboratorium, atraksi sains (Matematika, Biologi, Kimia dan FIsika), lomba mewarnai (Jenjang TK), serta lomba rangking 1 (Jenjang SD, SMP dan SMA). “Panitia akan menyiapkan tropi piala dan sertifikat untuk pemenang pada setiap perlombaan, dan peserta tidak dipungut biaya pendaftaran,” ulasnya.

Selain itu tambahnya, di Open Science juga FMIPA mengundang perwakilan guru-guru jenjang SMP dan SMA untuk mengikuti acara seminar yang diselenggarakan dalam dua hari. Dikatakannya, topik besar dalam seminar tersebut adalah Manajemen Pengelolaan Laboratorium Sekolah dan Kiat-kiat Guru dalam Menyiapkan Anak Didiknya Sukses dalam Olimpiade Sains di Level Internasional. Selama seminar berlangsung, panitia menyiapkan pemateri nasional yang sudah cakap di bidang tersebut.

“Kegiatan ini adalah dalam rangka Dies MIPA ke 16. Harapannya sesuai dengan tema kami adalah mencoba mengenalkan sains dari level dini. Diharapkan nanti dengan kegiatan yang kami adakan ini Kaltim dapat berkiprah banyak dalam olimpiade maupun lomba - lomba Sains. Open Science akan berakhir hari ini dan besok adalah puncaknya yang akan ditutup dengan perayaan Dies Natalis,” katanya. Jum’at, (08/09).

Dekan FMIPA Unmul, Dr. Eng. Idris Mandang., M.Si mengungkapkan, ide acara ini sebenarnya sudah muncul sejak awal tahun, atas perhatian dirinya melihat animo masyarakat tentang ilmu sains yang mulai menurun. “Dari situ saya berpikir bahwa kita harus melaksanakan Open Science ini yang tujuannya adalah memperkenalkan ke masyarakat apa itu Sains, khususnya apa yang dimiliki Fakultas MIPA Unmul ini,” harapnya.

“Sengaja mengundang Guru dan Siswa dari berbagai jenjang sekolah di Kaltim sebagai peserta, harapannya peserta dapat mengetahui bahwa di Unmul ada FMIPA yang didalamnya ada laboratorium – laboratroium untuk penunjang praktik,” tambahnya.

Khusus Dies ke 16 Fakultas yang dipimpinnya, alumnus Kyushu University, Jepang ini akan menjadikan momentum tersebut sebagai pelecut semangat peningkatan akreditasi Program Studi di FMIPA agar selaras dengan akreditasi Unmul yang sekarang telah berakreditasi A. (hms/frn)