Di Serbia, Sumbangkan Gagasan Green Economy


Satu lagi prestasi di kancah Internasional berhasil direngkuh mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul). Konferensi Internasional di Belgrade, Serbia, bernama The International Green Economy Congress 2017 yang dihadiri lebih dari 300 delegasi berbagai Negara telah dihadiri mahasiswi kelahiran Kota Pekan Baru, Provinsi Riau ini.

Adalah Nora Saldia Haloho kepada Humas Unmul menceritakan pengalaman sebagai delegasi Unmul mengikuti konferensi yang diselenggarakan oleh Networked Serbia dan Serbian Impact Hub yang merupakan mitra dari Serbian Chamber of Commerce.  

“Berawal dari menulis sebuah essay tentang upaya dalam menciptakan ekonomi hijau (green economy) melalui pembangunan berkelanjutan (sustainable development) ternyata mengantarkan saya untuk mengikuti konferensi ini,” ujar mahasiswi semester tujuh Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang sekarang sedang dalam proses penyelesaian skripsi atau tugas akhir itu.

The International Green Economy Congress 2017 lanjutnya, merupakan sebuah konferensi tingkat Internasional yang bersifat multidimensi interaktif. Dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gagasan tentang transisi menuju ekonomi yang adil dan berkelanjutan.

Di konferensi yang bergengsi ini, semua delegasi menyampaikan ide, gagasan dan membentuk sebuah forum diskusi dan debat untuk menemukan solusi dalam menciptakan Green Economy dan model pembangunan dengan memperhatikan ekosistem regional dan global. Tujuan akhirnya adalah menghasilkan peningkatan kesejahteraan manusia dan keadilan sosial serta secara signifikan mengurangi risiko kerusakan  lingkungan dan kelangkaan ekologi.

“Selain itu, delegasi juga diminta untuk menyampaikan ide untuk menemukan solusi sesuai dengan beberapa panel yang tersedia, yaitu Circular Economy,  Changing business models and shifting systems thinking, Green Transformation,  Innovation and science as a path to green transformation,  Economy Decentralization: Small and medium enterprises, Success Stories, Women in Green Economy, Towards the Gender Equality, Re-thinking the Economy, Production Change not Climate Change, Green State,  Green Public Procurement.  Hal ini dimaksudkan untuk mempromosikan visi alternatif terhadap pertumbuhan dan pembangunan  ekonomi  di seluruh dunia,” tambah wanita yang biasa disapa Nora ini.

Dibuka secara resmi oleh Serbian Head Chamber of Commerce, Zakline Zivkovic, di Ibukota negara Serbia, tepatnya di Serbian Chamber of Commerce Building, konferensi ini diselenggarakan pada 02 hingga 04 November 2017 lalu.  

Konferensi ini tidak hanya dihadiri kalangan mahasiswa saja, tetapi juga para pengusaha terkenal baik yang berasal dari Serbia maupun dari luar, beberapa ahli ekonomi, CEO dari beberapa perusahaan besar di Serbia, serta para aktivis.

Konferensi ini pun menghadirkan beberapa tokoh besar sebagai pembicara seperti, tokoh Go Green Macedonia, Antonio Javanovski, Dorde Samardzija dari One Degree Movement, serta beberapa perwakilan dari Green Economy Coalition, serta perwakilan dari European Green Capital (Essen). (hms/frn)